Minggu, 26 Desember 2010

0

IT's About Us : AIR UNTUK MASA DEPAN





Tag : IT's About Us : AIR UNTUK MASA DEPAN

Air... Air.. Air...

Air memang kebutuhan yang sangat Primer dimuka BUMI ini. Bayangkan saja apabila anda sehari saja tidak menemukan air ??? Tidak kebayangkan bagaimana kejadian itu terjadi di dalam hari-hari anda dan pastinya anda tidak mau kejadian pada diri anda bukan??? Nah, disini saya akan share kepada anda seberapa pentingnya AIR UNTUK MASA DEPAN kita dan anak cucu kita nantinya.

AIR ini merupakan awal terbentuknya dari kehidupan manusia dan masih banyak lagi versi-versi yang lainya mengenai asal usul AIR di permukaan bumi ini. Yang terpenting adalah bagaimana kita sebagai Generasi Muda untuk menjaga AIR ini dengan baik sehingga dapat dipergunakan secara maxsimal sampai nantinya. Fungsi utama AIR adalah untuk minum, bayangkan saja apabila kita tidak minum 1 hari saja??? tidak bisa dibayangkan bukan??? Jadi fungsi utama AIR ini adalah buat MINUM.

PEMANFAATAN AIR


Selain untuk minum masih banyak lagi fungsi air, bahkan ada sejuta kegunaan dari AIR ini. Untuk itu kita harus bisa menjaga dan memanfaatkan sekali dalam penggunaan air ini. Air sangat banyak jumlahnya, ada air tanah, air sungai yang mengalir deras, air danau yang tenang dan telaga, yang semuanya itu dapat digunakan kebutuhan aktivitas sehari-hari. Ada beberapa hal yang bisa sama-sama kita lakukan, agar tetap mendapatkan air bersih dan memeliharanya untuk anak cucu kita. Sebaiknya rumah kita memiliki tempat peresapan air seperti parit resapan, areal resapan dan sumur resapan, ini berfungsi agar air yang cepat diserap tanah, akan membuat tanah tetap awet pada strukturnya. Sehingga tanah tidak mudah terbawa erosi/banjir, kita juga bisa menanam pohon-pohon hias diatasnya dan disekitarnya, guna membuat tanah tetap gembur, karena tanah yang gembur akan membuat air hujan bisa lebih cepat meresap, dan air tanah yang banyak akan membuat pohon tumbuh lebih kuat, sehingga cadangan air tanah pun bertambah banyak.

Menjaga lingkungan, tetap selalu diperhatikan. Kita tidak boleh membuang sampah sembarangan, sebab sampah yang tidak berada ditempatnya seperti tong sampah, bisa jadi sampah akan berserakan dimana-mana, sehingga menyumbat aliran air yang ada di selokan ataupun air yang akan masuk ke tempat resapan.

Hemat air juga termasuk salah satu dari cara pemeliharaan, agar cadangan air tetap selalu mudah di dapat. Setelah kita memelihara air dengan cara yang disebutkan diatas, maka kita harus menghematnya sebagai tabungan air di masa depan. Bisakah kita mengurangi penggunaan air kita tiap hari? Coba

Ayo berhitung, jika satu orang penduduk mengurangi penggunaan 1 liter air per hari, dan jika semua penduduk yang jumlahnya 220 juta dapat melakukan penghematan air, maka jumlah telah menghemat 220 juta liter per hari, artinya kita bisa memberikan cadangan untuk masa depan.

NOTE : GUNAKANLAH AIR DENGAN BIJAK UNTUK MASA DEPAN KEHIDUPAN BUMI!!!

0 Comments:

Posting Komentar