Selasa, 26 Oktober 2010

0

Sumpah Pemuda Pada Zaman Sekarang




Latar Belakang (Sejarah)

SINOPSIS Sumpah Pemuda (1928)


Sumpah Pemuda merupakan sumpah setia hasil rumusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi Indonesia atau dikenal dengan Kongres Pemuda II, dibacakan pada 28 Oktober 1928. Tanggal ini kemudian diperingati sebagai "Hari Sumpah Pemuda". Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.



Isi Sumpah Pemuda :

SOEMPAH PEMOEDA

Pertama :
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR
INDONESIA


Kedua :
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA


Ketiga :
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Djakarta, 28 Oktober 1928






Sumpah Pemuda Dizaman Sekarang

Diatas merupakan uraian dari sejarah-sejarah sumpah pemuda. Betapa pentingnya sumpah pemuda dizaman sekarang ini. Kita dapat melihat dizaman sekarang ini banyak sekali terjadi perkelahian atau tauran antar mahasiswa satu dengan yang lain atau antar pelajar SMU yang marak sekali terjadi dimana-mana. Tauran dan perkelahian antar remaja atau mahasiswa ini hanya disebabkan oleh permasalahan yang sangat sepele tapi berdampak sangat merugikan sekali. Ada yang luka-luka, merusak sarana dan prasarana umum bahkan yang lebih fatal adalah timbulnya korban jiwa dalam setiap perkelahian atau tauran antar pelajar ataupun mahasiswa ini.

Dengan adanya permasalahan yang kita hadapi saat ini, maka kita harus rolling back lagi dengan coba memehami, meresapi dan mencoba lagi mengartikan sumpah pemuda dalam arti yang sebenar-benarnya yang bertujuan agar para pemuda-pemuda nusantara ini dapat bersatu dalam membangun negri kita ini. Bukan hanya itu saja tapi sumpah pemuda juga sebagai batu loncatan kita sebagai pemuda-pemuda nusantara dikemudian hari nantinya. Dengan sumpah pemuda juga kita dapat mempersatukan segala perbedaan yang ada dari sabang sampi merauke sehingga Negara Indonesia kita tetap kuat dalam menghadapi permasalah yang ada baik itu masalah dari internal amupun dari external.

Akhirnya tulisan saya ini berkesimpulan bahwa betapa pentingnya sumpah pemuda ini bagi para pemuda-pemuda nusantara pada zaman sekarang ini dan dikemudian hari nantinya. Dengan harapan itu kita dapat mengartikan dengan sebenar-benarnya apa itu sumpah pemuda.


Hidup Pemuda-pemuda Nusantara !!!

0 Comments:

Posting Komentar